Search
  • Cegah Stunting

Mengapa Imunisasi Penting?

Imunisasi dilakukan sebagai salah satu cara pencegahan penyakit menular pada bayi dan balita, terutama penyakit yang menyebabkan kematian dan kecacatan. Pada umumnya, dalam waktu 4 - 6 minggu setelah imunisasi, akan timbul antibodi spesifik yang efektif untuk melawan infeksi sehingga anak kebal terhadap penyakit infeksi tertentu, tidak menderita sakit berat, dengan demikian tidak terjadi wabah dan kematian.

Imunisasi juga berperan penting dalam pencegahan stunting. Anak yang tidak diimunisasi akan lebih mudah terinfeksi peyakit. Hal ini mengakibatkan nafsu makan berkurang dan terganggunya absorpsi nutrisi yang mengakibatkan kurangnya asupan gizi. Kebutuhan zat gizi makro dan mikro sangat dibutuhkan bayi sampai dengan usia 2 tahun untuk mendukung fase pertumbuhannya (Mandasari & Nawangsih, 2010).


Ikatan Dokter Anak Indonesia mengatakan bahwa imunisasi dasar wajib dilakukan sesuai jadwal. Jadwal imunisasi dibuat berdasarkan perjalanan penyakit tersebut sehingga jika pemberiannya terlambat maka hasilnya menjadi tidak maksimal.



Sekalipun virus penyebab Covid-19 masih ada di sekitar kita, tapi bukan berarti imunisasi tidak dilakukan. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, imunisasi masih dapat diundur sampai dengan 2 minggu dari tanggal yang sudah dijadwalkan. Pada wilayah dengan penularan luas Covid-19, penundaan imunisasi dapat dilakukan sampai 1 bulan.

Apa saja yang harus dipersiapkan Ibu jika Si Kecil akan keluar rumah untuk imunisasi atau ke posyandu? (list dibawah merupakan rekomendasi, dapat berubah tergantung kebutuhan)


1. Masker: Digunakan untuk pengantar anak dan balita di atas dua tahun (anak usia dibawah 2 tahun tidak perlu menggunakan masker karena risiko sesak napas). Masker diganti setiap 4 jam.

2. Hand sanitizer: Digunakan jika sabun dan air bersih tidak tersedia.

3. Disinfektan: Selalu sanitasi lingkungan sekitar si kecil, terutama barang-barang yang sering ia sentuh.

4. Tisu kering dan tisu basah

5. Alat makan dan MPASI untuk bayi usia diatas 6 bulan

6. Tumbler berisi air panas bersih

7. Buku KIA

8. Baju cadangan

9. Diapers

Kalau New Normal Essentials sudah siap, jangan lupa untuk menerapkan 10 Tips & Trick Saat Membawa Anak Untuk Imunisasi ya!




Sumber:

Ikatan Dokter Anak Indonesia. 2020. Rekomendasi Imunisasi Anak pada Situasi Pandemi Covid-19. IDAI, Jakarta.

Mandasari, N. F., dan Nawangsih, U. H. E. 2010. Hubungan Karakteristik Ibu dengan Status Gizi Balita di Posyandu Kuncup Mekar Dusun Karanganyar desa Banyubiru Kec Dukun Kab. Magelang Tahun 2010. STIKES’Aisyiyah, Yogyakarta.


204 views

Recent Posts

See All

Telur Sebagai Menu Harian MP-ASI

Saat anak telah berusia 6 bulan, MP-ASI Menu Empat Bintang mulai diberikan sesuai rekomendasi Kementerian Kesehatan untuk memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Selain bahan makanan pokok sumber karbohidra

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
Logo.png

© 2019 Cegah Stunting, Itu Penting!