Search
  • cegah stunting

Tahu Lebih Dalam #1: Stunting Tidak Sama Dengan Gizi Buruk

Pada tahun 2018, stunting dan gizi buruk menjadi salah satu kata yang paling banyak diperbincangkan dalam bidang kesehatan di media. Perhatian masyarakat, khususnya ibu, pun bertambah untuk isu ini. Tapi, jangan terkecoh, stunting dan gizi buruk itu 2 status gizi yang berbeda. Berikut penyebab dan ciri-ciri perbedaan stunting dan gizi buruk.


1. Stunting adalah masalah gizi kronis

Stunting adalah kondisi dimana anak memiliki panjang/tinggi badan yang kurang dibandingkan dengan umur. Stunting adalah masalah gizi kronis, yang berarti kondisi kekurangan asupan gizi, tidak baiknya pengasuhan dan sanitasi yang terjadi sejak anak dalam kandungan hingga anak berusia dua tahun. Seorang anak baru bisa dikatakan stunted ketika ia berusia dua tahun.


2. Stunting tidak menyebabkan kematian

Stunting menyebabkan perkembangan otak anak tidak optimal. Anak yang dikategorikan stunted akan tetap hidup tetapi kondisi fisik dan kognitifnya tidak optimal. Anak stunted ketika dewasa akan lebih mudah sakit dan prestasi akademiknya lebih rendah daripada anak-anak normal.


3. Stunting bukan hanya disebabkan oleh makanan

Pola makan yang kurang baik bukanlah satu-satunya penyebab stunting sehingga pencegahan stunting bukan hanya membutuhkan perbaikan pola makan dan asupan gizi pada anak tetapi juga membutuhkan perbaikan pola asuh dan sanitasi lingkungan.


4. Gizi buruk adalah masalah gizi akut dan dapat menyebabkan kematian

Gizi buruk adalah keadaan sangat kekurangan zat gizi yang ditandai dengan berat badan kurang dibandingkan dengan umur. Gizi buruk disebut masalah gizi akut karena waktu terjadinya yang pendek dan jika tidak segera diatasi mempunyai resiko besar kematian.


Gizi buruk dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang sangat kurang dan atau penyakit infeksi yang menyebabkan metabolisme tubuh meningkat sehingga kebutuhan gizi juga meningkat. Anak yang dikategorikan gizi buruk harus ditangani dengan pemberian obat gizi oleh dokter ahli sampai terjadi pemulihan dan bisa dirawat di rumah.


Jadi, itu perbedaan stunting dan gizi buruk. Mudahnya, stunting diukur dengan tinggi badan dibandingkan dengan umur sedangkan gizi buruk diukur dengan berat badan dibandingkan dengan umur.

103 views
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
Logo.png

© 2019 Cegah Stunting, Itu Penting!